5 Tips Mudah Membangun Startup Digital


Fenomena munculnya inovasi bidang teknologi yang biasa kita sebut startup hampir setiap hari lahir. Bahkan beberapa diantara mereka berubah menjadi bisnis digital yang banyak membantu masyarakat. Acara 1000 Startup Digital Igniton 2 Yogyakarta memberikan gambaran bagaimana proses dibalik lahirnya ide hebat tersebut. Seminggu sudah berlalu acara tersebut dan sekarang saya akan berbagi ilmu yang saya dapatkan. Ada 4 poin penting yang harus kita pegang dalam membangun startup.

1. Ciptakan solusi bukan membangun bisnis

Dari semua startup yang berhasil dan berkibar jika kita lihat sejarahnya mereka semua tidak ada yang berangkat dari ide bagaimana membangun bisnis. Tetapi berangkat dari bagaimana memecahkan masalah yang terjadi disekitar. Untuk itu jika ingin membangun startup kita tidak perlu memikirkan ide yang “Wow”. Cukup lihat masalah disekitarmu kemudian berpikirlah solusi apa yang bisa kamu berikan atas masalah yang sedang kamu lihat. Jika kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut berarti kamu sudah bisa berhasil menangkap peluang untuk membangun bisnis dan startup. Sesimpel itu ? iya, bisnis yang berhasil adalah bisnis yang bisa membantu banyak orang bukan ide wow  yang orang lain tidak butuhkan. Sepakat ya? Jadi kesimpulanya ketika ingin membangun startup carilah masalah dan berpikirlah memberikan solusi atas masalah itu, kemudian bisnisnya bagaimana? Bisnis akan berbanding lurus dengan seberapa manfaat atas solusi yang kamu ciptakan dari masalah yang ada.

2. Tidak harus menjadi programmer untuk membangun startup
Banyak anggapan untuk menjadi founder startup harus memiliki latar belakang pemrograman. Semua itu salah. Siapapun boleh memiliki ide apapun latar belakangnya. Jika sudah punya ide yang dirasa bermanfaat untuk banyak orang, kamu engga hidup sendirian kan di bumi ini broh? Cari tim! banyak orang diluar sana untuk kamu ajak mengubah dunia dan melangkah. Apapun hasil dari karyamu cobalah berikan kesempatan orang lain mencoba. Tidak harus sempurna, sampai kapanpun sebuah ide tidak ada akan sempurna. Karna masalah terus berkambang. Oke ?

2. Bangun tim yang solid
Usaha terberat dalam membangun sesuatu, apapun itu adalah menjaga. Menjaga tim yang solid dan terus berada dalam satu visi misi adalah tantangan bagi founder dalam menjalankan startupnya. Founder itu bukan big boss lho ya. Dalam lomba perahu dayung yang menang adalah tim yang bisa mendayung dengan interval sama, tepat, dan cepat karena dengan kondisi tersebut perahu bisa melaju dengan cepat dan terarah. Begitu juga tim dalam membangun startup buatlah kondisi dimana tim bisa seirama dalam melangkah. Memang susah tapi menjaga tim itu seperti seni banyak cara untuk membuat lukisan yang indah.

4. Siapin diri untuk kecewa dan bangkit
Tidak banyak orang yang bisa menerima kegagalan. Banyak anggapan gagal adalah akhir dari usaha. Jika ingin membangun startup siapkan diri untuk kecewa karena itu pasti terjadi. Tergantung mengemas kegagalan mau dijadikan batu loncatan atau akhir perjalanan ? Simpel broh!

5. Buat startup bisa berhasil
Ide bagus, Tim solid dan startup dikenal tetapi pendapatan tidak ada ? Lakukan Sustainable Startup. Cari inovasi yang memang menjadi kebutuhan banyak orang dan bisa dijadikan pendapatan sesuai data bukan hanya opini, olah data tersebut dan buat menjadi pembaharuan dalam startup kamu. Jadikan inovasi menghasilkan karya dan pendapatan dalam startupmu.

#1000StartupDigital

0 Response to "5 Tips Mudah Membangun Startup Digital"

Post a Comment